MAKALAH SPEKTROSKOP


MAKALAH
SPEKTROSKOP






Disusun Oleh :
1.      FATMAWATI
2.      FAUZIAH
3.      FIRDA AMANI
4.      ISLAHUL YAUMI
5.      JUMIYATI
6.      KHAIRIATI BOKHARI
7.      MAHDANI
8.      M. ISKANDARUDIN
9.      MUTIA SAPUTRI





JL. H. USMAN NO. 04 KOTABARU RETEH
KEC. KERITANG KAB. INDRAGIRI HILIR
TAHUN PELAJARAN 2018 – 2019

KATA PENGANTAR


            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang yang telah memberikan petunjuk dan bimbingan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini tepat dengan waktunya. Sholawat beserta salam kami curahkan kepada Nabi Muhammad SAW. kepada para sahabat, keluarga,  serta tabi’in dan semoga tercurah kepada kita selaku umatnya.
            Dengan mengucapkan hamdallah kami dapat menyelesaikan makalah ini untuk memenuhi salah satu tugas. Tidak  lupa juga kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu menyelesaikan makalah ini.
            Kami sadari bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan, maka dari itu kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang bersifat membangun agar pembuatan makalah berikutnya dapat lebih baik. Akhirnya kami berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi kami dan para pembaca.


Kotabaru,        Maret 2019


Kelompok 2




DAFTAR ISI



 




BAB I

PENDAHULUAN


1.1       Latarbelakang

Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang sering dianggap sulit bagi siswa. Kondisi ini dapat dilihat dari nilai hasil belajar fisika yang diperoleh siswa. Sudah seharusnya pembelajaran f isika mengembangkan pola berpikir tentang hakekat ilmu fisika itu sendiri yaitu ilmu yang mempelajari gejalagejala alam.
Dengan mempelajari gejala-gejala alam, siswa akan dapat dengan mudah memahami dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Karena bidang kajian fisika meliputi kegiatan sehari-hari, maka pembelajaran fisika di sekolah seharusnya menjadi suatu kegiatan yang melibatkan siswa secara langsung dalam proses-proses pembentukan konsepkonsep fisika sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar fisika.
Untuk itu diperlukan suatu model pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat meningkatkan pemahaman konsep-konsep fisika, karena pada hakekatnya fisika merupakan ilmu yang mempelajari gejala-gejala alam, maka perlu dikembangkan model pembelajaran dengan menggunakan media dan kegiatan praktikum Apabila sudah ditentukan alternatif media yang akan digunakan dalam pembelajaran, maka pertanyaan berikutnya sudah tersediakah media tersebut di sekolah? Jika media yang dibutuhkan ternyata belum tersedia,maka guru harus membuat sendiri media sesuai keperluan pembelajaran siswa dengan biaya yang terjangkau. Pembelajaran fisika seringkali menghadapi kurang tersedianya media pembelajaran dikarenakan sulitnya didapatkan ataupun juga karena harganya yang mahal misalnya kisi difraksi, sehingga perlu dilakukan upaya inovatif guna menunjang masalah ini. Peneliti berupaya memanfaatan keping DVD dan  CD sebagai kisi difraksi.  
                                            

1.2       Rumusan Masalah

1.      Apa fungsi spektroskop  dalam prinsip fisika?
2.      Bagaimana prinsip kerja spektroskop?
3.      Alat dan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat spektroskop?
4.      Bagaimana langkah-langkah perencanaan alatnya?


1.3       Tujuan Penyusunan

1.3.1    Tujuan Umum

Untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah pengelolaan laboratorium.

1.3.2    Tujuan Khusus    

Tujuan khusus penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui :
1.      Fungsi steroskop  dalam prinsip fisika
2.      Prinsip kerja spektroskop
3.      Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat spektroskop
4.      Langkah-langkah perencanaan alatnya


















 




BAB II

PEMBAHASAN MASALAH


2.1       Landasan Teori

Spektroskop adalah alat untuk melihat spektrum cahaya. Cahaya selain bersifat sebagai materi juga sebagai gelombang. Gelombang mempunyai frekuensi, panjang gelombang, dan kecepatan. Spektrum merupakan susunan warna-warna yang menghasilkan suatu warna. Cahaya  matahari  merupakan campuran semua warna violet sampai merah  dengan   intensitas  yang  sesuai  dengan pola radiasi benda hitam, dengan sedikit    perubahan:  pada   nilai-nilai  panjang    gelombang  tertent u ada  sedikit pelemahan, ini  disebut garis Fraunhofer. Dalam  percobaan  ini  penulis menggunakan Kisi difraksi untuk menguraikan cahaya campuran menjadi pelangi, dengan persamaan : Dalam percobaan ini penulis menggunakan Kisi difraksi untuk menguraikan cahaya campuran menjadi pelangi. (Halliday & Resnick, 1989 : 736 )
Cahaya yang panjang gelombang-nya berbeda akan dibelokkan pada sudut yang berbeda pula dan menghasilkan penguraian spektrum ( Joel Tellinghuisen. 2002). Kisi difraksi dapat dibuat dengan mudah dan murah. Bahan yang diperlukan adalah sebuah CD atau DVD kosong yang dipotong dengan gunting besar.
Dalam sebuah cakram optik terdapat jalur-jalur melingkar. Jika diambil sepotong arah radial seperti Gambar 1, akan didapat sekeping plastik dengan jalurjalur yang rapat. Jalur-jalur yang rapat pada DVD dan CD dapat berfungsi sebagai kisi difraksi. Kalau bentuk seperti ini dirasa kurang bagus, ada pilihan lain, yaitu dengn membelah DVD dan CD dengan pisau, kemudian mengambil bagian bawahnya (yang tidak ada label). Kalau kepingan ini masih terlihat mengkilap dari bawah, berarti perlu diproses lebih lanjut.
Dengan menggunakan selotip untuk mengelupas lapisan mengkilap ini, yang tadinya ada di tengah DVD dan CD. Sekarang kepingan plastik menjadi transparan, tetapi tetap bisa menghasilkan pola pelangi Kisi difraksi merupakan lapisan tipis yang terdiri dari banyak sekali celah, sehingga jika dilihat dengan mata biasa, celah-celah yang sangat banyak tersebut tidak akan terlihat. Celah-celah pada kisi tersebut memiliki jarak yang sama satu sama lain. Jika sebuah berkas cahaya atau sinar melalui sebuah celah kecil pada kisi maka akan terjadi difraksi. Pola difraksi maksimun pada layar akan tampak berupa garis garis terang atau yang disebut dengan interferensi maksimun yang dihasilkan oleh banyak  celah.

2.2       Fungsi Spektroskop

Fungsi Spektroskop adalah  untuk melihat  spektrumcahaya. Cahaya selain bersifat sebagai materi juga sebagai gelombang. Gelombang mempunyai frekuensi,panjang gelombang, dan kecepatan. Spektrummerupakan susunan warna-warna yang menghasilkansuatu warna.

2.3       Prinsip Kerja Spektroskop

Ketika ada cahaya memantul pada bahan tersebut terlihat penguraian warna, kita bisa melihat sebuah fenomena bahwa cahaya putih (polikromatik) itu ternyata tersusun atas gabungan cahaya monokromatik dengan panjang gelombang yang berbeda-beda.

2.4       Alat d an Bahan yang Dibutuhkan dalam Pembuatan Model Hidram


                        CD/DVD bekas                                  1 buah
                        Kardus bekas                                      1 buah
                        Silet                                                     2 buah
                        Plester                                                 1 buah
                        Karton                                                 1 buah
                        Alumunium foil                                   1 buah
                         
                        Gunting                                               1 buah
                        Kater                                                   1 buah
                        Penggaris                                            1 buah

 2.5      Langkah - Langkah Perencanaan Model Hidram

Adapun langkah - langkah perancangan alat dalam pembuatan model hidram adalah :
1.      Buat lubang pada salah satu sisi kardus, misalkan pada sisi kanan kardus
2.      Gulunglah karton membentuk silinder tanpa alas dengan panjang 20 cm. Kemudian masukkan ke dalam lubang pada kardus di atas. Ini akan menjadi tempat pengamatan kita.

3.      Buatlah lubang kecil pada bagian depan kardus dan tempatkan kedua silet seperti pada gambar di bawah. Ini akan menjadi slitnya.
4.      Letakkan CD/DVD di dalam kardus berseberangan dengan slit.
5.      Tutupi sekeliling kardus dengan alumunium foil dan plester agar cahaya tidak ada yang masuk. Satu-satunya cahaya yang mengenai CD/DVD ialah bersumber dari slit




























BAB III

PENUTUP


3.1       Simpulan
Keping DVD dan CD dapat digunakan sebagai spektroskop sederhana dan kisi difraksi. Spektroskop adalah alat untuk melihat spektrum cahaya. Cahaya selain bersifat sebagai materi juga sebagai gelombang. Gelombang mempunyai frekuensi, panjang gelombang, dan kecepatan. Spektrum merupakan susunan warna-warna yang menghasilkan suatu warna

3.2       Saran
Karena keping DVD dan CD mudah didapat danberharga murah serta dapat didesain yang sangat sederhana untuk percobaan kisi difraksi maka peneliti menyarankan agar kisi difraksi keping DVD dan CDdapat digunakan sebagai alat peraga pembelajaran dilaboratorium .


















DAFTAR PUSTAKA


Halliday Resnick. 1998. Bandung : Erlangga. . Diakses tanggal  8  Desember 2011
budakfisika.blogspot.com. Diakses tanggal  10  Desember 2011.
pdffisika.com  Diakses tanggal 20 Desember 2011.
www.scribd.com.  Diakses tanggal 21 Desember 2011.
www.google.com . Diakses tanggal  25  Desember 2011


0 Response to "MAKALAH SPEKTROSKOP"

Posting Komentar